3 Cara Screenshot di Laptop Tanpa Bantuan Aplikasi, Sudah Tahu?

Tutorial kali ini mengenai cara screenshot di laptop tanpa atau dengan bantuan aplikasi. Kita sebagai pengguna laptop mungkin pernah sewaktu – waktu mendapatkan hal yang sangat penting di laptop kita. Dan kita harus mengirim atau memberi tahu hal itu kepada orang lain.

Misalnya, seperti mendapatkan  berita sesuatu yang ingin kita beri tahu kepada teman – teman kita. Dan kita tidak tahu bagaimana caranya untuk memberi tahu kepada teman – teman kita. Alhasil, kita ambil kamera dan kita photo laptop kita. Sebenarnya cara seperti ini lucu sekali, karena sebenarnya ada cara yang sangat mudah agar kita bisa memberi tahu kepada orang lain.

Caranya adalah dengan Screenshot. Apa itu screenshot? Screenshot adalah tangkapan layar laptop kita dan hasilnya akan berbentuk gambar. Sehingga kita bisa dengan mudah berbagi ke orang lain. Emang bisa screenshot di laptop? Bisa dong. Gimana sih cara screenshot di laptop?

1. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Paint

1. Silahkan anda buka atau tampilkan daerah atau area yang ingin anda screenshot.

2. Kemudian, silahkan anda tekan tombol Prt Sc di keyboard anda. Biasanya terletak di bagian atas, diantara tombol Insert dan Delete. Namun, jika menggunakan On screen Keyboard letaknya agak berbeda. Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Screenshot di Laptop dengan tombol prtsc

3. Kemudian, silahkan anda buka aplikasi Paint yang biasanya sudah tersedia di laptop anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

paint

4. Kemudian, silahkan anda klik “Paste” yang berada di pojok sebelah kiri anda atau anda bisa menekan Ctrl + V. Seperti pada gambar dibawah ini.

paste

5. Kemudian, area atau daerah yang anda screenshot tadi akan muncul. Seperti pada gambar dibawah ini.

muncul

6. Kemudian, jika anda ingin menyimpannya, silahkan anda klik “File”. Seperti pada gambar dibawah ini.

file - Cara Screenshot di Laptop

7. Kemudian, silahkan anda klik “Save”. Seperti pada gambar dibawah ini.

save

8. Kemudian, silahkan anda pilih di direktori mana anda ingin simpan. Kemudian, silahkan anda klik “Save”. Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Screenshot di Laptop

2. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Snipping Tool

1. Silahkan anda tentukan daerah atau area mana yang ingin anda screenshot.

2. Kemudian, silahkan anda cari dan buka aplikasi Snipping Tool yang biasanya sudah tersedia di laptop anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

snipping tool

3. Kemudian, akan muncul jendela snipping tool, silahkan anda klik “New”. Seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian, silahkan anda screenshot daerah yang anda inginkan, dengan menahan mouse kiri kemudian tarik sampai daerah yang anda inginkan.

new

4. Kemudian, area yang anda screenshot tadi akan muncul pada snipping tool.

5. Kemudian, jika anda ingin menyimpannya, silahkan anda klik pada ikon “Disk” untuk menyimpannya. Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Screenshot di Laptop dengan Snipping Tool

6. Kemudian, silahkan anda tentukan dimana anada ingin simpan, kemudian silahkan anda klik “Save”. Seperti pada gambar dibawah ini.

save

3. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Aplikasi PicPick

1. Silahkan anda download dan install terlebih dahulu aplikasi PicPick disini.

2. Kemudian, silahkan anda pilih aplikasi PicPick yang Free saja. Kemudian, silahkan anda klik “Download”. Seperti pada gambar dibawah ini.

pickpick

3. Kemudian, jika sudah anda download dan install, maka aplikasi PicPick akan muncul di bagian bawah. Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Screenshot di Laptop dengan PicPick

4. Kemudian, silahkan anda pilih Tangkap layar. Kemudian, silahkan anda pilih screenshot seperti apa yang anda inginkan. Tapi, umumnya yang digunakan adalah Tangkap area. Sebelum anda memilih, anda buka terlebih dahulu area yang ingin anda screenshot. Jika sudah, silahkan anda mulai screenshot dengan cara mengklik pada mouse kiri anda dan kemudian anda tarik sampai area yang anda inginkan dan anda klik lagi pada mouse kiri anda.

tangkap layar

5. Kemudian, anda akan langsung masuk ke aplikasi PicPick dan anda akan melihat hasil screenshot anda. Kemudian, jika anda ingin menyimpannya, silahkan anda klik “File”. Seperti pada gambar dibawah ini.

file

6. Kemudian, silahkan anda klik “Simpan”. Seperti pada gambar dibawah ini.

save

7. Kemudian, silahkan anda tentukan dimana gambar anda disimpan. Kemudian, silahkan anda klik “Save”. Seperti pada gambar dibawah ini.

save

Nah, bagaimana? Caranya cukup mudah dan sederhana kan? Sekarang kita sudah bisa screenshot pada area yang kita inginkan dengan sangat mudah. Kita hanya tinggal memilih, dengan aplikasi apa yang akan kita gunakan untuk screenshot. Semua cara sangat mudah.

Itulah bagaimana cara screenshot di laptop dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara screenshot di laptop dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.