3 Cara Registrasi Kartu XL untuk Pengguna Baru / Lama, Berhasil!

Dalam kesempatan ini saya akan berbagi info mengenai cara registrasi kartu XL, baik itu pengguna lama ataupun pengguna baru.

Proses registrasi kartu prabayar ini dapat dilakukan dengan menggunakan kartu identitas pengguna, yaitu NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera pada e-KTP.

Bagi pengguna yang tidak melakukan registrasi, nantinya akan dilakukan pemblokiran oleh operator telekomunikasi tersebut. Akibat dari pemblokiran ini, Anda tidak dapat menggunakan layanan seperti panggilan masuk, panggilan keluar, perpesanan serta data internet.

Ada dua cara untuk registrasi kartu prabayar ini, yaitu Anda dapat melakukannya di Gerai Penyedia Layanan Telekomunikasi atau Anda dapat melakukannya sendiri. Pastinya, dengan melakukan registrasi sendiri lebih menghemat waktu Anda dibanding Anda harus pergi ke gerai tersebut.

Cara Registrasi Kartu XL

Registrasi kartu prabayar ini bertujuan untuk melindungi pelanggan dari penyalahgunaan nomor oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Awalnya, registrasi kartu XL dapat dilakukan pada situs resmi XL. Namun, seiring berakhirnya batas akhir pemblokiran, maka XL telah menutup akses untuk registrasi tersebut.

Walaupun begitu, masih ada cara lain untuk Anda yang ingin melakukan registrasi kartu XL. Berikut akan dijelaskan mengenai cara registrasi kartu XL prabayar untuk pengguna baru dan lama serta bagaimana cara mengecek status registrasi, apakah berhasil atau tidak.

1. Registrasi Kartu XL untuk Pengguna Baru

Apabila Anda adalah pengguna baru XL, biasanya akan muncul notifikasi untuk segera mendaftarkan kartu dengan memasukkan NIK dan nomor KK.

Namun, sebagian orang menganggap cara itu ribet karena harus memasukkan nomor identitas satu persatu. Untuk itu, ada cara simpel untuk meregistrasikan kartu XL Anda.

  1. Pertama, silakan buka aplikasi Message atau Perpesanan yang terdapat pada smartphone Anda.
  2. Lalu, ketikkan “DAFTAR#NIK#No.KK” pada field Tulis Pesan, dimana NIK dan No. KK harus sesuai dengan kartu identitas, seperti KK atau KTP). Contoh “DAFTAR#1023645236120009#1023645236121207“.
    cara registrasi kartu XL
  3. Kemudian, kirim pesan tersebut ke 4444.
    Kirim pesan ke 4444
  4. Tunggu sampai ada balasan dari pihak XL yang menyatakan Anda telah berhasil melakukan registrasi.
    Registrasi Berhasil

2. Registrasi Kartu XL untuk Pengguna Lama

Bagi Anda pengguna lama juga dapat melakukan registrasi kartu XL dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Message pada smartphone Anda.
  2. Ketikkan “ULANG#NIK#No.KK” pada field Tulis Pesan berikut dan kirim ke 4444. Contohnya, “ULANG#1023645236120009#1023645236121207“.
    cara registrasi kartu XL untuk pengguna baru dan lama
  3. Tunggu hingga ada notifikasi selanjutnya.

Catatan : Biasanya, waktu melakukan registrasi hanya berlangsung paling lama 1 x 24 jam. Jika registrasi berhasil, maka pengguna akan menerima balasan bahwa registrasi telah berhasil dilakukan.

3. Cek Status Registrasi

Untuk memastikan apakah proses registrasi kartu XL prabayar telah berhasil, Anda dapat mengecek status keberhasilannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Telepon pada smartphone Anda. Kemudian lakukan dial ke “*123*4444#” seperti berikut.
    cara registrasi kartu xl tanpa kk
  2. Akan tampil pop-up yang menyatakan telah dilakukannya registrasi menggunakan NIK Anda terhadap nomor XL yang Anda miliki. Untuk melihat nomor yang sudah terdaftar menggunakan NIK tersebut, pilih opsi “1” untuk masuk ke menu Cek nomor.
    Cek nomor yang teregistrasi
  3. Setelah itu akan tampak seluruh daftar nomor XL yang sudah berhasil terdaftar menggunakan NIK yang dimasukkan saat melakukan registrasi.
    cara registrasi kartu xl lama

Begitulah penjelasan mengenai “Cara Registrasi Kartu XL” yang dapat dilakukan oleh seluruh pengguna XL prabayar, mulai dari pengguna lama ataupun baru.

Dengan begitu, nomor XL Anda tidak akan diblokir sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda dan terimakasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.