2 Cara Registrasi Kartu AXIS Dijamin Anti Gagal (Untuk Pengguna Lama / Baru)

Berbicara mengenai cara registrasi kartu AXIS, tidak terlepas dari peraturan Kominfo. Bagi Anda pengguna jasa telekomunikasi tentu telah mendengar informasi tentang pemberlakuan registrasi untuk kartu prabayar yang Anda gunakan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2016 Beserta Perubahannya tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, kewajiban registrasi kartu prabayar dilakukan sebagai upaya untuk menangkal penyalahgunaan layanan telekomunikasi untuk kriminalitas dan terorisme.

Untuk itu, pengguna yang tidak melakukan registrasi dapat dijatuhkan tindakan pemblokiran oleh penyedia jasa. Sebelum melakukan registrasi kartu, Anda harus menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga. Keduanya berguna untuk mengisi data, dimana saat registrasi kartu diperlukan NIK yang terdapat pada KTP dan nomor Kartu Keluarga.

Cara Registrasi Kartu AXIS

Registrasi kartu AXIS terbagi ke dalam dua jenis, yaitu registrasi untuk pengguna lama dan registrasi untuk pengguna baru.

Cara registrasi kartu AXIS sebenarnya telah ditampilkan pada website resmi AXIS, pada halaman ini. Namun, untuk lebih memperjelas langkah-langkah dalam melakukan registrasi kartu AXIS, Anda dapat menyimak bahasan berikut ini.

1. Registrasi Kartu AXIS Melalui SMS

Sebelumnya, terdapat beberapa cara untuk melakukan registrasi nomor AXIS. Namun, saat ini cara registrasi yang tersedia yang dapat Anda lakukan sendiri adalah hanya dengan registrasi melalui SMS. Format registrasi dibedakan ke dalam 2 bentuk, untuk pengguna lama dan untuk pengguna baru.

Untuk Pengguna Baru

Berikut ini langkah-langkah registrasi kartu AXIS melalui SMS untuk pengguna baru.

  1. Buka menu pesan pada handphone Anda dan buat SMS baru dengan penerima 4444. Ketikkan pesan dengan format DAFTAR#NIK#NomorKartuKeluarga. Contohnya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.
    cara registrasi kartu AXIS
  2. Setelah Anda mengklik tombol kirim, akan muncul konfirmasi seperti pada gambar di bawah ini. Klik SEND.accept for pay
  3. Nah, saat pesan Anda telah berhasil terkirim terdapat notifikasi untuk melakukan pengecekan dengan melakukan dial-up *123*4444#. Tekan OK. Pengecekan dengan dial-up ini akan kita bahas di akhir bahasan ini.click ok
  4. Tidak lama setelah itu, Anda akan menerima pesan SMS yang menyatakan bahwa nomor Anda telah berhasil didaftarkan.your registration was success

Untuk Pengguna Lama

Perbedaan registrasi untuk pengguna baru dan lama hanya dibedakan berdasarkan format SMS yang dikirimkan. Adapun langkah-langkah registrasi kartu AXIS melalui SMS untuk pengguna lama adalah sebagai berikut.

  1. Buka menu pesan pada handphone Anda dan buat SMS baru. Ketik SMS dengan format ULANG#NIK#NomorKartuKeluarga. Setelah itu, kirim SMS ke nomor 4444.
    cara registrasi kartu axis hitz
  2. Jika muncul pop-up seperti gambar di bawah ini, klik SEND.click send
  3. Selanjutnya, Anda dapat menunggu balasan SMS dari 4444. Disini saya kemudian menerima pesan yang menyatakan bahwa nomor saya telah terdaftar.success

2. Cek Status Registrasi

Nah, setelah melakukan cara-cara registrasi di atas di sini saya akan bahas cara-cara untuk mengecek status registrasi nomor kartu AXIS Anda.

Saya menyediakan 2 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui apakah nomor Anda telah berhasil terdata benar dengan NIK dan nomor kartu keluarga yang Anda masukkan.

Via Dial-Up

  1. Buka menu panggilan pada handphone Anda. Lakukan pemanggilan dengan mengetik *123*4444#.
    cara registrasi kartu axis yang gagal
  2. Setelah itu, Anda akan tahu jika nomor Anda telah terdaftar dengan nomor NIK Anda.if you registered then there's your number and kk info

Via Aplikasi AXISnet

Cara ini tidak menampilkan NIK ataupun nomor Kartu Keluarga Anda. Namun, cara ini dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa nomor Anda telah berhasil terregistrasi.

  1. Instal aplikasi AXISnet dengan mengunduhnya pada Playstore.
    registrasi ulang kartu axis online
  2. Buka aplikasi dan masukkan nomor HP Anda.insert your number
  3. Selanjutnya, pergi ke menu My AXIS.home page and select my axis
  4. Selanjutnya, klik bagian Profil Saya.click my profile
  5. Pada halaman Profile Saya ditampilkan data Anda. Anda dapat melihat pada kolom KTP dan nomor kartu keluarga telah terisi yang berarti nomor Anda telah teregistrasi. Namun, pada bagian ini Anda hanya dapat mengedit atau mengubah bagian nama panggilan dan email.
    you can see ktp and kk column was filled

Sekian cara registrasi kartu AXIS di atas. Jika Anda memiliki kesulitan saat melakukan registrasi kartu AXIS, Anda dapat menghubungi call center ke nomor 838. Semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba. Terima kasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.