13 Langkah Cara Menulis Daftar Pustaka di Microsoft Word

Salah satu hal penting yang harus ada ketika kamu membuat jurnal ialah Daftar Pustaka. Daftar pustaka adalah  tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis.

Dengan adanya daftar pustaka, pembaca akan mengetahui sumber referensi dari materi yang sedang di bahas pada jurnal tersebut sehingga dapat mencegah plagiarisme.

Cara membuat daftar pustaka tidak sembarangan, ada aturan yang harus di ikuti ketika akan membuat daftar pustaka. yaitu:

  1. Nama penulis yang terdiri dari dua kata maupun lebih, adapun tata cara penulisannya yaitu dengan dibalik dan antara elemen pertama dan elemen yang kedua dikasih tanda koma (,).
  2. Pada penulisan daftar pustaka tidak perlu mencantumkan Gelar kebangsawanan, gelar akademis maupun gelar keagamaan.
  3. Urutan penulisan ke arah samping kanan
  4. Judul Karya Tulisan Ilmiah ditulis miring atau italic.
  5. Format susunan Penulisan Daftar Pustaka berurutan mulai dari A sampai Z sesuai dengan huruf-huruf awal dari Nama pengarang buku.

Apakah Microsoft Word memiliki fitur yang dapat membuat daftar pustaka secara otomatis? Jawabannya ADA. Kamu tidak perlu khawatir karena Ms.Word akan menyesuaikan dengan jenis daftar pustaka yang kamu miliki dengan atribut dan format masing-masing.

Apakah kamu tahu bagaimana cara membuatnya? Bagi yang belum tahu Yuk simak di bawah ini saya akan membagikan langkah-langkah cara membuat daftar pustaka di Ms. Word.

Cara Membuat Daftar Pustaka di Ms.Word

Sebelumnya saya ingin memberitahukan jika saya menggunakan microsoft word 2007. Namun kamu tidak perlu khawatir karena untuk microsoft word jenis lainnya hampir sama langkah-langkahnya.

  1. Buka Ms.word di PC / Laptop kamu kemudian buka file yang akan di buat daftar pustakanya.
  2. Setelah terbuka, klik menu References lalu pilih dan klik Manage Sources.
    cara membuat daftar pustaka
  3. Kemudian pada jendela Source Manager klik New untuk membuat referensi daftar pustaka.
    membuat referesi daftar pustaka
  4. Selanjutnya pilih Languange untuk menyesuaikan bahasa yang ingin di gunakan dan pilih Type of Source untuk menentukan apakah referensi kamu berasal dari sebuah artikel, buku, jurnal, website, dan lain-lain seperti yang telah disediakan oleh Word.
    cara membuat daftar pustaka di Ms. Word
  5. Kemudian isi masing-masing kolom atribut yang tersedia. Kolom atribut yang muncul di sesuaikan dengan type of source yang kita pilih. Setelah selesai mengisi seluruh atribut lalu klik OK.
    mengisi seluruh atribut
  6. Ketika kamu mengisi atribut Author kamu akan melihat tombol Edit. Tombol ini digunakan untuk memasukkan nama pengarang yang terdiri dari first, last, dan middle name. Kamu bisa menginput nama pengarang lebih dari satu  dengan mengklik Add.
    cara membuat daftar pustaka dari internet
  7. Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini yang mana ditampilkan daftar referensi yang telah kita tambahkan sebelumnya.
    daftar referensi yang telah di buat
  8. Di antara Master List dan Current list ada beberapa tombol , seperti Copy untuk menyalin referensi, Delete untuk menghapus daftarEdit untuk membuka kotak dialog Create Source terkait referensi yang dipilih dimana kamu dapat mengubah atribut yang tersedia, dan New untuk membuat atau menambah referensi baru. Adapun tombol Copy, Delete, dan Edit bekerja berdasarkan referensi yang dipilih pada Master List.
  9. Setelah kamu selesai membuat daftar referensi sesuai keinginanmu, selanjutnya ialah menampilkan referensi tersebut ke Daftar pustaka pada jurnal yang kamu buat. Pilih menu References setelah itu pilih dan klik Bibliography lalu klik Insert Bibliography yang berada di bagian bawah.
    cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata
  10. Kemudian lembar kerja kamu akan berubah seperti gambar di bawah ini.
    daftar pustaka sudah jadi
  11. Jika kamu ingin menambahkan referensi, kamu dapat mengulang kembali proses mulai dari langkah nomor 3.
  12. Setelah kamu selesai menambahkan referensi baru, klik daftar pustaka  yag telah di buat sebelumnya. Kemudian akan muncul kotak yang ada beberapa fitur pada kotak tersebut. Kemudian klik update pada bagian atas kotak untuk menambahkan referensi baru yang telah kamu buat. Seperti gambar di bawah ini.
    update untuk menambahkan
  13. Setelah itu Daftar pustaka kamu akan bertambah seperti gambar di bawah ini.
    cara membuat daftar pustaka

Mudah bukan cara membuat daftar pustaka? Kamu tidak perlu lagi harus menginstall software untuk membuat daftar pustaka, karena Ms.Word memiliki fitur untuk membuat daftar pustaka secara otomatis. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu banyak orang. Terimakasih:-)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.