2 Cara Mengunci Aplikasi di HP Android Anda Tanpa Ribet, Yuk Dicoba!

Mungkin Anda pernah melihat ada teman yang suka iseng ‘mengintip’ isi dari smartphone Anda. Pastinya, itu sangat menjengkelkan karena privasi kita dilihat oleh orang lain. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Anda dapat mengunci aplikasi-aplikasi tertentu yang dianggap privasi. Dan lebih hebatnya lagi, kini smartphone sendiri sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengunci aplikasi tersebut. Kegunaan fitur ini diharapkan mampu melindungi akses aplikasi Anda dari tangan orang yang tidak diinginkan.

Akan tetapi, jika ingin memberikan keamanan ganda untuk setiap aplikasi yang ada di smartphone Anda dapat menggunakan aplikasi kunci yang sudah banyak tersedia dan dapat diunduh secara gratis. Nah, berikut saya akan menjelaskan mengenai 2 cara mengunci aplikasi di HP Android anda.

Cara Mengunci Aplikasi

Saat ini, smartphone sudah dibekali dengan fitur keamanan yang canggih untuk dapat melindungi privasi dari setiap penggunanya. Bukan hanya untuk membuka layar smartphone saja, fitur keamanan juga sudah dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi yang diinginkan.

Jika masih dirasa kurang, Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan yang dipasang untuk memberikan keamanan ganda. Seperti dibawah ini, dimana saya akan menjelaskan 2 aplikasi serta cara menggunakannya, yaitu LOCKit dan AppLock untuk dapat melidungi privasi Anda.

A. Cara Mengunci Aplikasi dengan Menggunakan LOCKit

LOCKit merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh SuperTools Corporation, dimana aplikasi ini tidak hanya dapat mengamankan aplikasi saja melainkan seluruh konten yang dianggap privasi, seperti galeri foto atau video.

Jenis fitur keamanan yang diterapkan pada aplikasi LOCKit ini ada 3, yaitu PIN, pola atau sidik jari (fingerprint). Aplikasi ini banyak digunakan dan popoler dikalangan pengguna smartphone. Langsung saja ke pembahasan berikutnya, yaitu mengenai cara mengunci aplikasi di HP Android dengan LOCKit.

1. Download aplikasi LOCKit di smartphone Anda.

Cara Mengunci Aplikasi

2. Buka aplikasi LOCKit yang sudah terpasang di smartphone Anda. Selanjutnya, Anda langsung diminta untuk menentukan pola yang akan digunakan sebagai password. Tentukan pola yang Anda inginkan (minimal 4 titik yang dihubungkan).

Tentukan pola

3. Masukkan kembali pola yang sama seperti sebelumnya pada halaman “Confirm pattern” berikut.

cara mengunci aplikasi samsung

4. Pilih satu pertanyaan keamanan pada kolom “Please choose a security question” dan masukkan jawaban yang Anda inginkan. Lalu, pilih DONE.

pilih DONE

Catatan : Sebenarnya ini hanya opsional, namun saya menyarankan Anda untuk menambahkannya. Sebab, ini sangat berfungsi ketika Anda lupa pola yang sudah ditentukan sehingga Anda tetap dapat menggunakannya melalui pertanyaan keamanan yang pernah ditambahkan untuk mereset ulang pola tersebut.

5. Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada halaman protect your apps, dimana LOCKit sudah mengunci secara otomatis aplikasi apa saja yang bersifat privasi. Langsung saja pilih PROTECT, Anda dapat menambah atau mengurangi daftar aplikasi itu nanti.

cara mengunci aplikasi Oppo

6. Lalu, Anda akan diarahkan pada halaman utama LOCKit, pilih menu App Lock untuk memanfaatkan fitur mengunci aplikasi.

Menu AppLock

7. Pilih aplikasi apa saja yang ingin Anda kunci atau tidak. Misalnya, saya akan mengunci aplikasi WhatsApp. Tap pada aplikasi itu, maka akan muncul notifikasi seperti berikut, pilih PERMIT.

Permission request

8. Aktifkan pengaturan Allows access to the use record aplikasi LOCKit di smartphone Anda. Hal ini bertujuan untuk memberikan izin aplikasi LOCKit untuk dapat mengakses sistem smartphone Anda.

Allow access to the report LOCKit

9. Kemudian, Anda akan dibawa kembali ke halaman App Lock. Pilih aplikasi mana yang akan Anda kunci atau tidak dengan cara memilih icon gembok yang berada disebelah kanan aplikasi.

Tap icon gembok

10. Begini tampilan aplikasi yang tidak dikunci.

cara mengunci aplikasi dengan unlock apps

Akhirnya, setiap Anda membuka aplikasi yang sudah dikunci mengunakan LOCKit ini maka Anda harus memasukkan pola atau PIN yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika Anda teman atau orang yang suka iseng terhadap isi ponsel Anda.

B. Cara Mengunci Aplikasi dengan Menggunakan AppLock

Dengan menggunakan aplikasi AppLock ini, Anda dapat mengunci aplikasi apa saja yang tidak boleh diketahui dan diakses oleh orang lain.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai tema yang lucu dan menarik yang dapat digunakan sebagai background saat mengunci aplikasi. Jadi, Anda dapat mengganti tema sesuai dengan kemauan Anda. Berikut ini merupakan cara mengunci aplikasi di HP Android dengan AppLock.

1. Silakan download dan install aplikasi AppLock di smartphone Anda.

Download aplikasi AppLock

2. Buka aplikasi AppLock. Pertama kali Anda akan diminta untuk menentukan pola yang akan digunakan sebagai kunci aplikasi. Gambarkan pola yang Anda inginkan.

Gambarkan kunci pola

3. Gambarkan kembali pola yang Anda buat sebelumnya.

Gambarkan kembali kunci pola

4. AppLock akan secara otomatis menangkap email Anda yang aktif. Jika sudah benar, maka pilih SAVE.

Security email

5. Kemudian, Anda akan dibawa pada halaman yang berisikan daftar aplikasi yang terpasang di smartphone Anda. Pilih aplikasi mana yang hendak dikunci. Caranya, tap pada icon gembok yang berada di bagian kanan nama aplikasi. Contohnya, saya akan mengunci aplikasi “Messenger”.

cara mengunci aplikasi di Android

6. Selanjutnya, akan muncul notifikasi berikut. Aplikasi AppLock akan meminta izin untuk mengakses sistem smartphone Anda. Untuk mengizinkannya, pilih PERMIT.

Permit aplikasi appLock

7. Aktifkan fitur Allow access to the use record.

Allow access to the use record appLock

8. Barulah Messenger berhasil terkunci menggunakan aplikasi AppLock ini.

cara mengunci aplikasi di Android

Begitulah penjelasan mengenai 2 jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunci aplikasi yang terpasang di smartphone Anda beserta cara menggunakannya.

Dengan demikian, privasi yang tersimpan pada smartphone Anda lebih terjaga dan tidak perlu khawatir lagi jika ada orang yang mengotak-atik smartphone Anda.

Pastikan juga agar Anda melakukan pengaturan untuk meningkatkan keamanan dari kedua aplikasi diatas sehingga tidak mudah dihapus oleh orang lain. Sekian artikel diatas semoga bermanfaat bagi Anda dan selamat mencobanya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.