Cara Menggunakan Rufus untuk Membuat Bootable Flashdisk / USB di Windows

Dalam tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Rufus. Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui apa itu rufus. Rufus merupakan suatu program utility yang digunakan untuk membuat bootable pada flashdisk / USB.

Dengan demikian, flashdisk dapat dijadikan sebagai media untuk menyimpan sistem operasi sekaligus sebagai media instalasi berbagai jenis sistem operasi, seperti Windows OS, Linux dan sebagainya.

Mungkin sebagian dari Anda pernah melihat atau bahkan mencoba untuk menginstalasi komputer atau PC menggunakan flashdisk. Hal itu dirasa lebih efisien dan efektif daripada harus menginstalasi menggunakan keping CD atau DVD, apalagi ada perangkat komputer yang tidak mendukung atau terdapat masalah pada bagian CD / DVD Drive.

Rufus ini membantu Anda untuk melakukan instalasi dengan mudah tanpa adanya masalah. Untuk itu, disini saya akan mencoba menjelaskan secara detail mengenai cara menggunakan rufus untuk membootable flashdisk agar dapat digunakan sebagai media instalasi sistem operasi. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Cara Menggunakan Rufus

Rufus merupakan program yang dikembangkan oleh Pete Batard dari Akeo Consulting. Program ini dibangun dengan lisensi GNU GPL 3+ sehingga termasuk freeware alias dapat Anda gunakan secara gratis.

Sebelum melakukannya, Anda harus mempersiapkan beberapa hal, seperti pastikan bahwa flashdisk yang akan digunakan bersih dari data-data atau kosong karena jika ada file ini didalamnya, maka file lain akan terhapus.  Setelah itu, sediakan juga berkas .iso dari salah satu sistem operasi yang Anda inginkan. Dalam tutorial ini, saya memilih Ubuntu Desktop sebagai sistem operasinya.

1. Download Aplikasi Rufus

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi rufus versi terbaru (download disini) agar proses instalasi berjalan dengan lancar.

2. Menggunakan Rufus

Setelah mendownload aplikasi rufus, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Jalankan aplikasi rufus yang sudah Anda download tadi dengan cara klik ganda (double-click) pada file rufus. Selanjutnya, silakan tancapkan flashdisk / USB ke komputer atau PC Anda.

2. Maka secara otomatis, aplikasi rufus akan langsung membaca flashdisk yang sudah ditancapkan itu. Pada jendela tersebut Anda dapat melihat spesifikasi dari flashdisk. Selanjutnya, pilih SELECT untuk memilih file ISO.cara menggunakan rufus

3. Pilih file ISO dari sistem operasi yang Anda inginkan. Misalnya, disini saya memilih Ubuntu Desktop 14.04 LTS. Lalu, pilih Open.Pilih file iso sistem operasi

4. Rufus akan secara otomatis membaca file ISO yang telah Anda pilih. Dapat terlihat dibagian Volume Label yang akan berubah sesuai dengan nama file ISO. Anda juga dapat mengubah nama flashdisk sesuai dengan yang Anda inginkan pada bagian Volume Label tersebut. Berikutnya, klik START untuk memulai instalasi flashdisk bootable.cara menggunakan rufus untuk instalasi windows

5. Jika muncul pop-up seperti gambar berikut pilih OK. Hal itu merupakan notifikasi yang menyatakan bahwa semua data yang terdapat didalam flashdisk akan terhapus secara otomatis. Maka, pastikan Anda telah membackup data penting Anda sebelum melakukan bootable.All Data on Device Will be destroyed

6. Tunggu hingga proses pemindahan file ISO ke flashdisk selesai. Proses pemindahan akan berlangsung sesuai dengan besarnya ukuran dari file ISO.cara menggunakan rufus dengan mudah

7. Apabila proses pemidahan selesai maka akan terlihat pada progress bar yang menyatakan status “READY”. Hal itu menandakan bahwa flashdisk Anda berhasil di-bootable. Dan akhirnya, flashdisk Anda sudah dapat digunakan sebagai media instalasi.Ready Status

Demikianlah tutorial mengenai cara menggunakan rufus di Windows. Semoga penjelasan tersebut dapat Anda pahami dan dimengerti. Anda juga dapat mencoba jenis sistem operasi lain, seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10 atau lainnya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan keping CD lagi untuk melakukan instalasi sistem operasi di komputer atau PC kesayangan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.