Begini Cara Mengganti Nama Komputer di Windows 7 untuk Pemula

Di jaman yang serba modern ini, teknologi sudah berkembang sangat pesat dan menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan menggunakan perangkat elektronik seperti telepon genggam dan laptop atau komputer. Sebagai pekerja, mahasiswa, maupun pelajar, Anda pasti menggunakan laptop atau komputer dalam keseharian untuk menyelesaikan pekerjaan atau pun tugas kuliah/sekolah.

Nah, pada windows laptop/komputer ini terdapat sebuah nama komputer sebagai identitas pemilik komputer tersebut. Nama komputer ini bebas Anda atur dengan nama apapun sesuai keinginan Anda. Biasanya, saat membeli laptop/komputer, petugas konter akan sekalian menginstallkan windows pada laptop/komputer Anda. Namun, nama komputer yang diatur saat menginstall terkadang tidak cocok atau tidak sesuai dengan selera. Anda tidak perlu khawatir karena nama komputer ini dapat diganti sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan yaitu mengatur nama komputer melalui control panel dan melalui pengaturan/setting. Saya akan jelaskan satu per satu. Simak langkah cara mengganti nama komputer di windows 7 di bawah ini.

Cara Mengganti Nama Komputer Di Windows Melalui Control Panel

Cara yang sering digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap komputer Anda tentu saja melalui control panel, karena memang hampir semua pengaturan dilakukan di sini. Begitu juga dengan pengaturan nama komputer.

1. Pertama-tama, Anda buka dulu control panel pada start menu.

control panel

2. Pada control panel, Anda pilih dan klik system and security

system and security

3. Kemudian Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan. Di sini Anda pilih system. Maka akan muncul basic information pada komputer Anda. Di situ akan ada informasi nama komputer Anda.

system

4. Untuk mengganti nama komputer Anda bisa klik advanced system settings atau langsung klik change settings di kanan nama komputer Anda. Setelah itu akan muncul pengaturan lanjutan.

change settings

5. Pada pengaturan lanjutan, ada beberapa pilihan tab pengaturan. Anda pilih tab computer name, lalu di bagian bawah Anda klik change untuk mengatur atau mengganti nama komputer.

change

6. Nah, setelah itu akan muncul kotak dialog pengaturan nama komputer. Anda bisa mengganti nama komputer di sini, silahkan ganti sesuai keinginan lalu klik oke.

ganti nama

7. Jika sudah selesai, maka akan muncul informasi ‘you must restart your computer to apply these changes’ bahwa Anda harus melakukan restart untuk menerapkan perubahan yang Anda lakukan. Dalam hal ini perubahan nama komputer.

info restart

Cara Mengganti Nama Komputer Di Windows Melalui Setting

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan untuk mempersingkat cara yang sebelumnya.

1. Yang pertama, klik menu start lalu klik kanan pada menu computer. Setelah itu, Anda pilih dan klik properties

properties

2. Dengan klik kanan properties pada menu computer, Anda akan langsung dibawa ke pengaturan atau settings pada basic information komputer Anda.

change settings

3. Nah, dari sini Anda bisa lakukan pengaturan nama komputer sama seperti langkah-langkah yang sudah saya jelaskan di atas. Caranya sama, tetapi yang satu ini mempersingkat langkah. Jadi, Anda tidak perlu berputar-putar terlebih dahulu di area control panel – system and security – system.

Setelah selesai melakukan pengaturan nama komputer, jangan lupa untuk restart laptop atau komputer Anda agar pengatuan tersebut dapat diterapkan oleh sistem komputer Anda. Anda bisa gunakan cara pertama atau pun kedua, silahkan gunakan cara yang lebih singkat atau sesuai dengan yang nyaman Anda lakukan. Semoga tutorial cara mengganti nama komputer di windows 7 diatas bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.