3 Cara Menggabungkan File PDF Jadi Satu, Baik Secara Online atau Offline

Sedang mencari tutorial cara menggabungkan file PDF dengan mudah? Jika iya, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Menggabungkan file merupakan hal yang mudah, jika editor dan format file yang Anda gunakan mendukung prosesnya. Namun, apa yang akan Anda lakukan ketika mendapati beberapa file PDF yang harus digabungkan? Apakah Anda bermaksud untuk mengkonversinya terlebih dahulu ke format Word? Jawabannya, tidak perlu.

Anda dapat langsung menggabungkannya dengan menggunakan tool PDF yang ada. Apa saja tool-nya? Lalu, bagaimana cara penggunaannya? Simak langkah-langkah cara menggabungkan file PDF di bawah ini.

Cara Menggabungkan File PDF

Pada bahasan kali ini disediakan beberapa cara menggabungkan file PDF. Adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut.

Menggabungkan File PDF dengan Tool Online

Tool online yang digunakan pada tahap ini adalah IlovePDF yang dapat Anda akses pada halaman ini. Berikut ini langkah-langkah menggabungkan file PDF dengan menggunakan IlovePDF.

1. IlovePDF menyediakan banyak fitur yang dapat Anda gunakan dalam mengolah file PDF. Pilih dan klik Merge PDF untuk meggabungkan file PDF Anda.

cara menggabungkan file PDF dengan iLovePDF

2. Selanjutnya, klik tombol Select PDF files.

click select pdf files button

3. Kemudian, direktori Anda akan otomatis terbuka. Cari file PDF yang ingin Anda gabungkan. Pada langkah ini, saya mencoba untuk menggabungkan 2 file PDF. Setelah memilih file-file yang akan diganungkan, klik tombol Open.

select pdf files from your directory

4. Selanjutnya, akan muncul review file yang telah Anda pilih. Klik tombol MERGE PDF.

click merge file button - cara menggabungkan file PDF 5. Tunggu beberapa saat hingga proses penggabungan selesai. Setelah selesai, file PDF hasil gabungan dapat ANda download dengan mengklik tombol Download merged PDF.

wait and download your file

6. File gabungan PDF berhasil Anda miliki.

Menggabungkan File PDF dengan NitroPDF

Pada bahasan ini saya menggunakan aplikasi Nitro Pro 10. Adapun langkah-langkah menggabungkan file PDF dengan Nitro adalah sebagai berikut.

1. Langkah pertama, buka aplikasi Nitro. Pada tampilan awal Anda akan melihat file Welcome. Untuk memulai penggabungan file, klik menu Combine pada panel Create.

cara menggabungkan file PDF dengan NitroPDF

2. Setelah itu, pada jendela Combine Files klik tombol Add Files… untuk menginput file-file yang akan digabungkan.

open files

4. Pada direktori, Anda dapat memilih 2 atau lebih file yang ingin digabungkan. Klik tombol Open jika telah selesai memilih file.

select files from directory

5. File-file PDF Anda selanjutnya muncul pada kolom file. Klik tombol Create untuk menggabungkan semua file yang diinput.

create a combining

6. Selanjutnya, direktori Anda akan terbuka. Pilih lokasi dimana file PDF hasil gabungan akan disimpan. Atur nama file pada kolom File name: dan klik tombol Save.

select location to save

7. File-file PDF Anda berhasil digabungkan.

cara menggabungkan file PDF - combining has been success

Menggabungkan File PDF dengan PDFMate

Sebelumnya, Anda harus memiliki aplikasiPDFMate terlebih dahulu untuk dapat menggabungkan PDF Anda. PDFMate dapat Anda download pada halaman ini secara gratis. Berikut ini langkah-langkah menggabungkan file PDF dengan menggunakan PDFMate.

1. Buka aplikasi PDFMate pada laptop/PC Anda.

2. Pada tampilan awal, klik tombol Add Files untuk menginput file PDF Anda yang akan digabungkan.

add files

3. Pilih file PDF pada direktori Anda. Pada tahap ini, Anda bisa memilih file PDF lebih dari 2 untuk digabungkan. Klik tombol Open setelah selesai memilih file.

cara menggabungkan file PDF dengan PDFmate

4. Selanjutnya, Anda akan melihat file PDF yang telah Anda pilih tadi di list pada tabel. Sebelum melakukan proses penggabungan, Anda dianjurkan untuk mengatur layout dan path file.

Pada pengaturan layout, Anda dapat memilih ukuran paper (seperti A5, A4, Letter, Legal, dll), opsi penggabungan untuk tiap satu halaman (seperti 1IN1, 2IN1, dan 4IN1), dan posisi kertas (seperti vertikal dan horizontal).

Pada pengaturan path, Anda dapat mengatur nama file untuk file hasil penggabungan pada kolom Output File Name: dan Anda dapat mengatur alamat penyimpanan file pada kolom Output Folder.

Setelah pengaturan selesai, klik tombol Build untuk memulai proses penggabungan file PDF.

do settings

5. Proses penggabungan yang telah selesai akan otomatis memunculkan jendela direktori, dimana file hasil penggabungan disimpan.

your file has been downloaded

Penggabungan file PDF  dapat Anda lakukan dengan 2 atau lebih file. Ketiga cara menggabungkan file PDF di atas menawarkan cara dan fitur yang berbeda dalam menggabungkan file PDF. Pilihlah cara yang termudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

Please rate this

5/5 (2)

Leave a Comment