Panduan Cara Mengedit Video di Windows 7, 8 dan 10 (Lengkap+Gambar)

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengedit video dengan Windows Movie Maker. Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk mengedit video adalah Windows Movie Maker. Aplikasi ini merupakan bagian dari Windows Essentials 2012 yang dirilis pada 14 September 2000.

Movie Maker merupakan aplikasi editing video yang mudah digunakan dan hanya menyediakan fitur dasar penyuntingan video yang sangat sederhana. Meskipun begitu, aplikasi ini sudah cukup untuk digunakan editing video sederhana dan tepat bagi para pemula.

Pada aplikasi ini, terdapat beberapa menu utama (default) yaitu Home, Animations, Visual Effects, Project dan View. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menambahkan teks, efek transisi, lagu, segmen atau fragmen lain serta memotong (split) video dan yang lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, mari simak penjelasan cara mengedit video dengan Windows Movie Maker dibawah ini.

Cara Mengedit Video

Disini, saya akan menjelaskan bagaimana cara menambahkan teks, efek transisi dan lagu pada video dengan Windows Movie Maker.

Sebelum itu, Anda harus memasukkan video Anda ke Movie Maker terlebih dahulu, berikut dibawah ini langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Movie Maker Anda.
  2. Klik tab Home > Add Videos and Photos untuk memasukkan gambar atau video seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Cara Mengedit Video
  3. Pilih dan klik video yang Anda ingin masukkan lalu klik tombol Open seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Open

A. Menambahkan Teks

Berikut dibawah ini langkah-langkah menambahkan teks pada video dengan Movie Maker.

  1. Klik segmen video yang akan ditambahkan teks (berada di bagian kanan) lalu klik Caption seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Caption
  2. Ketik teks yang Anda inginkan seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini. Nantinya, akan tampil tab Format yang berisi fitur-fitur formatting text. Anda bisa mengubah jenis font, warna, ukuran, transparency, durasi, dan efek teks.
    cara mengedit video dengan movie maker
  3. Nah, nantinya akan tampil penanda dari teks yang sudah Anda buat seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini. Panjang dari penanda tersebut sesuai dengan durasi dari teks.
    penanda dari teks
  4. Anda bisa mengubah waktu teks mulai ditampilkan dan durasinya dengan cara mengatur waktu pada Start time (ditandai oleh nomor 1) dan Text duration (ditandai oleh nomor 2).
    Start time dan Text duration
  5. Setelah start time dan text duration disesuaikan (ditandai tanda kotak merah pada gambar), panjang dari penanda teks menjadi lebih panjang seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    final start time dan text duration

B. Menambahkan Efek Transisi

Berikut dibawah ini langkah-langkah menambahkan efek transisi pada video dengan Movie Maker.

  1. Klik segmen video yang akan ditambahkan efek transisi (berada di bagian kanan) lalu klik tab Animation. Kemudian, pada bagian Transitions, klik ikon down arrow seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    tutorial cara edit video
  2. Pilih dan klik jenis efek transisi yang Anda inginkan.
    klik jenis efek transisi
  3. Efek transisi berhasil ditambahkan pada video Anda. Pada segmen video tersebut akan tampil penanda seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini.
    Efek transisi berhasil ditambahkan pada video
  4. Jika segmen tersebut dijalankan maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.
    cara mengedit video di laptop windows 10
  5. Kemudian, Anda juga bisa mengatur durasi dari efek transisi tersebut dengan mengatur waktu pada duration seperti yang ditandai oleh kota merah pada gambar dibawah ini.
    duration
  6. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.
    hasil set duration

C. Menambahkan Lagu

Berikut dibawah ini langkah-langkah menambahkan lagu pada video dengan Movie Maker.

  1. Pada tab Home, jika Anda mengklik ikon down arrow pada Add music seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini  maka Anda dapat memilih music online atau musik dari PC. Klik Add music… jika Anda ingin mengambil musik dari PC.
    music online atau musik dari PC
  2. Tetapi, jika Anda ingin langsung mengambil musik dari PC maka cukup klik ikon Add music seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Add music
  3. Pilih dan klik lagu yang ingin ditambahkan lalu klik tombol Open seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Open
  4. Nah, lagu berhasil ditambahkan pada video Anda. Jika Anda mengklik penanda lagu yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini maka Anda akan diarahkan ke tab Options.
    Hasil add music
  5. Pada tab Options, Anda bisa mengatur lagu yang Anda tambahkan seperti volume, start time, start point dan end point, fade in dan fade out seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini.
     tab Options

D. Save Project

Berikut dibawah ini langkah-langkah menyimpan video dari Movie Maker.

  1. Klik tab File > Save project seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    tab File > Save project
  2. Pada jendela Save Project, masukkan nama video pada File name lalu klik tombol Save seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Save Project

Baiklah, sekian pembahasan kali ini tentang cara mengedit video di Windows Movie Maker. Semoga tutorial diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.