Begini 3 Cara Mengecek Saldo ATM BNI, Cara Mana yang Anda Sukai?

Kapan terakhir kali Anda rela mengantri di bank hanya sekedar untuk mengecek saldo rekening ? Mungkin pertanyaan itu membuat Anda berpikir lama. Pasalnya, sekarang ini kita sudah terbiasa memanfaatkan teknologi di dunia perbankan. Bayangkan saja, perkembangan teknologi yang begitu cepat berimbas pada berbagai aspek kehidupan manusia. Disamping itu, teknologi juga mengubah aktivitas manusia menjadi lebih modern.

Dengan adanya teknologi di dunia perbankan, nasabah tidak perlu lagi bertatap muka dengan teller hanya untuk mengecek saldo atau melakukan transfer antar bank. Hal itu dipermudah dengan diciptakannya mesin ATM. Bahkan, kita sudah dapat menikmati layanan perbankan melalui telepon genggam yang dimiliki saat ini.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ATM. Saat pertama kali Anda membuat rekening baru, pasti akan menerima buku tabungan serta sebuah kartu. Kartu itulah yang nantinya akan dimasukkan kedalam mesin ATM sehingga Anda dapat menikmati seluruh transaksi tanpa harus ke bank fisiknya lagi.

Nah, dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberapa cara mengecek saldo ATM BNI. Mulai dari cara konvensional sampai cara dengan memanfaatkan peranan dari teknologi.

Cara Cek Saldo ATM BNI

Terkadang, kita sebagai nasabah perlu melakukan pengecekan saldo secara berkala. Hal itu dilakukan untuk melihat riwayat dari transaksi yang sudah dilakukan. Disini, saya akan menjelaskan kepada Anda 3 cara yang digunakan untuk mengecek saldo ATM BNI. Yuk, simak uraiannya berikut ini.

#1 Cek Saldo ATM BNI Lewat Teller

Cek saldo ATM BNI melalui teller merupakan suatu cara yang klasik dan sudah jarang digunakan. Apalagi hanya sekedar mengecek saldo tabungan saja. Namun, tidak salah jika Anda mengetahui hal ini. Cara melakukannya yaitu Anda hanya perlu datang ke bank BNI terdekat dengan membawa buku tabungan BNI atas kepemilikan sendiri (bukan punya orang lain).

Sesampainya di bank, Anda perlu mengambil nomor antrian menuju ke teller bank BNI. Jika nomor antrian milik Anda terpanggil, silakan menuju teller dan berkata “Ingin print buku tabungan”. Hasil print akan menunjukkan jumlah saldo yang Anda miliki sekarang.

#2 Cek Saldo ATM BNI Lewat ATM

Mengecek saldo tabungan yang dimiliki melalui mesin ATM merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh para nasabah. Hal itu dikarenakan penggunaannya yang mudah dan dapat diakses selama 24 jam.

Cara ini hanya meminta Anda untuk membawa kartu ATM menuju gerai ATM BNI terdekat. Kartu itu dilindungi dengan PIN yang terdiri dari 6 digit. PIN ini dibuat saat pertama kali Anda menerima kartu ATM dan dapat diubah sesuai dengan keinginan Anda. Bagaimana caranya ?

  1. Pertama, masukkan kartu debit BNI kedalam mesin ATM BNI. Lalu, akan muncul jendela yang meminta Anda menentukan bahasa untuk mengoperasikannya. Misal, Pilih INDONESIA.cara mengecek saldo ATM BNI
  2. Kemudian, Anda diminta untuk memasukkan PIN ATM. Jika PIN yang dimasukkan sesuai, maka Anda dapat melanjutkan layanannya. Usahakan ketika sedang mengetikkan PIN tidak terlihat oleh orang lain, sebab PIN sifatnya rahasia.Masukkan PIN rekening
  3. Selanjutnya, pilih MENU LAIN untuk menemukan layanan cek saldo.Pilih MENU LAIN
  4. Pilih INFORMASI SALDO.cara mengecek saldo ATM BNI dengan mudah
  5. Pada jendela “Pilih Jenis Transaksi”, pilih REKENING TABUNGAN.Pilih Rekening Tabungan
  6. Maka akan tampak jumlah saldo yang terdapat pada rekening Anda.Hasil Cek Saldo lewat ATM
  7. Jika Anda tidak ingin melanjutkan transaksi lagi, pilih “TEKAN JIKA TIDAK”.

Walaupun cara diatas tergolog mudah, namun Anda perlu melakukannya dengan hati-hati. Sebab, banyak kejahatan yang mengintai. Contohnya, banyak nasabah yang kehilangan uang saat melakukan penarikan melalui ATM.

Oleh karena itu, Anda jangan meminta bantuan kepada orang lain yang bukan petugas dari bank tersebut. Jika Anda meminta bantuan kepada pihak bank, biarkan Anda yang memasukkan PIN itu sendiri. Hal itu dilakukan untuk menjaga privasi rekening yang Anda miliki.

#3 Cek Saldo ATM BNI Lewat Internet Banking

Cara selanjutnya, Anda dapat mengecek saldo rekening BNI dengan memanfaatkan teknologi internet yang dikenal dengan istilah Internet Banking (ibank BNI). Layanan ini memungkinkan nasabah BNI untuk dapat melakukan transaksi secara non tunai. Dengan memanfaatkan layanan ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi ke ATM untuk melakukan transaksi dengan mudah dan aman.

Bagi Anda yang ingin menikmati layanan ibank BNI ini, ada dua cara yang bisa dilakukan. Yaitu melakukan pendaftaran melalui pihak customer service di kantor BNI terdekat atau melalui ATM. Setelah melakukan aktivasi data, barulah Anda dapat menggunakan layanan ibank dengan mudah, baik melalui web browser yang ada di laptop atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet.

Untuk cara mengecek saldo tabungan BNI melalui internet banking dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Silakan kunjungi situs resmi internet banking BNI.
  2. Masukkan user id dan password yang telah Anda buat melalui proses pendaftaran internet banking. Lalu, klik Login.cara cek saldo ATM BNI
  3. Pilih menu REKENING.Pilih menu REKENING
  4. Di sebelah kiri terdapat beberapa menu yang berkaitan dengan rekening. Pilih Saldo Rekening untuk mengecek jumlah saldo yang dimiliki.Pilih saldo rekening
  5. Maka akan terlihat jumlah saldo yang dimiliki seperti berikut.Hasil cek saldo

Dari beberapa cara diatas, pihak BNI selalu memberikan kemudahan bagi para nasabahnya untuk dapat menikmati layanan yang tersedia. Tinggal Anda yang memilih cara mana yang menurut Anda gampang dilakukan. Demikianlah artikel mengenai “3 Cara Mengecek Saldo ATM BNI”, semoga artikel tersebut bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.