8 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Laptop / PC Terbukti Ampuh!

Tutorial cara mempercepat koneksi internet di laptop / PC tidaklah sulit. Di zaman yang penuh dengan teknologi saat ini, internet seakan – akan menjadi kebutuhan utama dalam hidup kita.

Dengan adanya internet ini, kita dapat terhubung dengan berbagai orang dengan mudah, mencari informasi apapun secepat kilat, berjualan produk tanpa harus bertatap muka dan lain sebagainya.

Kecepatan internet sangat mempengaruhi aktivitas kita, terutama bagi anda yang bekerja di kantor. Jika kita mengerjakan tugas / deadline yang harus terhubung dengan internet sedangkan internet kita lola alias lambat, pasti kita merasa sebal kan? Tapi tenang saja, ternyata ada cara untuk mempercepat koneksi internet kita menjadi secepat kilat. Bagaimanakah cara mempercepat koneksi internet di laptop / PC?

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Laptop / PC

Kali ini saya membagikan beberapa cara yang harus anda lakukan jika anda ingin koneksi internet anda secepat kilat. Langsung saja simak langkah – langkah berikut ini.

1. Cek Aplikasi atau Program Apa Sajakah yang Menggunakan Internet

Salah satu penyebab koneksi internet menjadi lambat adalah banyaknya aplikasi atau program yang berjalan di belakang background, sehingga anda sendiri tidak mengetahuinya bahwa aplikasi-aplikasi tersebut memakan cukup banyak data internet anda, sehingga memperlambat koneksi internet anda.

Untuk mengeceknya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Silahkan anda klik tombol “Ctrl + Shift + Esc (Escape)” pada keyboard anda secara bersamaan.

2. Kemudian, ketika sudah muncul, silahkan anda klik tab “Performance”. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara mempercepat koneksi internet cmd

3. Kemudian, silahkan anda klik “Open Resource Monitor”. Seperti pada gambar dibawah ini.

open resource monitor

4. Kemudian, silahkan anda klik menu “Network”, maka anda akan melihat beberapa aplikasi yang mengkonsumi data internet anda. Semakin banyak aplikasi yang mengkonsumsi data internet anda, maka semakin lambat pula akses internet anda.

network

2. Memastikan Anda Menggunakan Browser Terbaru

Pastikan anda sudah menggunakan browser versi terbaru. Meskipun tidak begitu berdampak besar pada kecepatan internet, adanya bug dan error pada browser anda juga akan membuat aktivitas browsing anda terasa lebih lambat.

Maka dari itu, memperbarui browser yang digunakan dapat mencegah hal tersebut. Caranya sangat mudah, anda bisa memperbarui sendiri browser anda dengan cara dibawah ini:

Google Chrome

1. Silahkan anda buka Google Chrome anda, lalu klik ikon “3 titik” yang berada di pojok kanan anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara mempercepat koneksi internet windows 7

2. Kemudian, silahkan anda klik “Help > About Google Chrome”. Seperti pada gambar dibawah ini.

about chrome

3. Maka, secara otomatis Google Chrome anda akan mendeteksi apakah browser yang anda gunakan merupakan versi terbaru atau tidak. Jika iya, akan muncul tulisan Google Chrome is up to date. Seperti pada gambar dibawah ini.

hasil

Mozilla Firefox

1. Silahkan anda buka Mozilla Firefox anda, lalu klik  ikon “3 garis” yang berada di pojok kanan anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara mempercepat koneksi internet windows 10

2. Kemudian, silahkan anda klik ikon “Tanda Tanya”. Seperti pada gambar dibawah ini.

help

3. Kemudian, silahkan anda klik “About Firefox”. Seperti pada gambar dibawah ini.

about firefox

4. Maka, secara otomatis Mozilla Firefox akan mendeteksi versi browser yang anda gunakan. Jika bukan merupakan versi terbaru, Mozilla akan mendownload file update (prosesnya tidak lama kok). Namun jika browser yang anda gunakan merupakan versi yang terbaru, akan muncul tulisan Firefox is up to date. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara mempercepat koneksi internet modem

3. Bersihkan Riwayat Browsing pada Browser Anda

Salah satu alasan pengguna menghapus riwayat browsing adalah untuk melindungi privasi. Mereka tidak ingin orang lain tahu situs-situs mana saja yang pernah mereka kunjungi. Namun, tujuan lain dari menghapus riwayat browsing adalah untuk memperingan kinerja browser.

Semakin banyak riwayat browsing yang anda lakukan, semakin besar pula kinerja browser. Hal itu berdampak pada kegiatan browsing yang seakan-akan terasa lebih lambat dan berat, padahal dalam segi koneksi internet tidak bermasalah. Untuk menghapus riwayat browsing pada browser anda, bisa dilakukan dengan cara dibawah ini:

Google Chrome

1. Silahkan anda buka browser Google Chrome anda, kemudian tekan tombol “Ctrl + Shift + Del (Delete)”.

2. Kemudian, silahkan anda centang semua opsi seperti Browsing history, Cookies anda other site data dan seterusnya. Kemudian, silahkan anda klik Clear Data. Seperti pada gambar dibawah ini.

clear data

Mozilla Firefox

1.  Silahkan anda buka browser Mozilla Firefox anda, kemudian tekan tombol “Ctrl + Shift + Del (Delete)”.

2. Kemudian, silahkan anda centang semua opsi yang tersedia. Kemudian pada kolom Time range to clear, pilih Everything. Lalu, klik Clear Now. Seperti pada gambar dibawah ini.

clear data

4. Mengubah Google DNS

Melakukan perubahan DNS pada laptop / PC anda dapat membuat koneksi internet yang anda gunakan menjadi lebih cepat, meskipun tidak terlalu signifikan. Untuk pengaturan DNS, umumnya anda akan mendapatkan DNS default dari ISP yang anda gunanakan.

Namun, disini saya merekomendasikan menggunakan Google DNS, karena DNS dari Google lebih cepat. Untuk melakukan pengaturan pada DNS, silahkan anda ikuti langkah – langkah dibawah ini:

1. Silahkan anda buka Control Panel di laptop / PC anda. Kemudian, silahkan anda klik “Network & Internet”. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara mempercepat koneksi internet pc dengan cmd

2. Kemudian, silahkan anda klik “Network & Sharing Centre”. Seperti pada gambar dibawah ini.

network & sharing centre

3. Kemudian, silahkan anda klik pada Connection Wifi anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

connection wifi

4. Kemudian, silahkan anda klik “Properties”. Seperti pada gambar dibawah ini.

properties

5. Kemudian, silahkan anda double klik pada “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”. Seperti pada gambar dibawah ini.

protocol

6. Kemudian, silahkan anda pilih Use the following DNS server addresses. Lalu, silahkan anda isi pada Preferred DNS Server 8.8.8.8 dan isi pada Alternative DNS Server 8.8.4.4. Lalu, klik Ok. Seperti pada gambar dibawah ini.

ubah DNS

5. Mengubah Settings Bandwith Anda

Bandwidth merupakan luas cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal untuk keperluan transmisi data. Pada umumnya bandwidth pada setting default komputer hanya berkisar pada angka 20% saja.

Agar koneksi internet anda maksimal, gunakanlah nilai bandwidth yang lebih besar lagi dengan mengubah setting pada computer configuration. Silahkan anda ikuti langkah – langkah dibawah ini:

1. Silahkan anda buka program Run dengan cara klik “tombol Windows +  R” secara bersamaan. Nanti akan muncul pop up Run. Lalu, silahkan anda ketikkan “gpedit.msc”. Lalu, klik Ok. Seperti pada gambar dibawah ini.

program run

2. Kemudian, silahkan anda double klik pada “Computer Configuration”. Seperti pada gambar dibawah ini.

computer configuration

3.  Kemudian, silahkan anda double klik pada “Administrative Templates”.

administratiove templates

4. Kemudian, silahkan anda double klik pada “Network”.

network

5.Kemudian, silahkan anda double klik pada “QoS Packet Scheduler”.

QoS Packet Scheduler

6. Kemudian, silahkan anda double klik pada “Limit reservable bandwith”.

Limit Reservable bandwith

7. Kemudian, pilih menu enable. Lalu, pada bagian Bandwidth Limit diganti menjadi 0 (defaultnya 20), lalu klik OK. Seperti pada gambar dibawah ini.

bandwith limit

8. Kemudian, restart komputer Anda untuk mendapatkan hasilnya.

6. Scan Laptop / PC Secara Berkala

Malware juga menjadi salah satu penyebab lambatnya koneksi internet anda. Tidak hanya memperlambat koneksi internet, tapi juga memperlambat kinerja PC anda. Terlebih lagi jika PC anda terinfeksi adware.

Jadi, setiap anda browsing atau menjalankan aplikasi, tiba-tiba muncul iklan yang biasanya berupa video atau iframe. Jenis-jenis iklan tersebut menguras banyak koneksi internet. Maka dari itu, pastikan melakukan scanning pada PC anda secara berkala. Jangan lupa juga untuk memastikan antivus yang anda gunakan up to date.

7. Stop Aktivitas Download, Terutama Jika Menggunakan IDM

Salah satu yang menghambat kecepatan koneksi internet adalah aktivitas downloading sambil browsing secara bersamaan. Aktivitas tersebut dapat membuat koneksi internet menjadi lamat. Kenapa? Karena ketika anda sedang mendownload file (apalagi jika berukuran besar), koneksi internet akan dibagi dan lebih banyak dimakan oleh aktivitas downloading yang anda lakukan sehingga ketika anda browsing atau streaming terasa lebih lambat.

8. Upgrade Hardware Laptop / PC

Salah satu cara termudah untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan meng-upgrade perangkat keras (hardware) pada laptop / PC anda.

Ini berpengaruh terhadap peningkatan kecepatan memproses data dan salah satunya yaitu dengan menambah Memori (RAM) pada komputer atau laptop. Dengan menambah RAM, prosesor dan hardisk kemungkinan kecepatan koneksi internet akan bertambah.

Itulah bagaimana cara mempercepat koneksi internet dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara mempercepat koneksi internet secara ampuh.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.