2 Cara Membuat Grafik di Excel yang Sangat Mudah, Yuk Dicoba!

Microsoft excel merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fitur yang sangat lengkap. Berbeda dengan aplikasi microsoft yang lainnya, Excel biasanya digunakan dalam hal untuk hitung-menghitung, tabel dan sebagainya.

Excel biasanya di gunakan di dunia perkantoran karena sangat membantu dalam meringankan pekerja dalam hal menyusun data apalagi dalam bentu tabel.

Tidak hanya untuk urusan hitung menghitung, ternyata Excel juga dapat di gunakan untuk merubah data menjadi grafik. Excel menyediakan berbagai macam dan bentuk grafik yang sangat menarik sehingga membuat tampilan grafik kamu akan terlihat lebih cantik dan rapi.

A. Cara Membuat Grafik di Excel

Cara membuat grafik di Excel bukanlah hal yang sulit. Disini saya akan membagikan bagaimana cara membuat grafik di Excel dengan mudah.

1. Pertama tama buka aplikasi Microsoft Excel di PC kamu. Kamu bisa mencari di tombol start lalu all program, pilih Microsoft office dan pilih excel atau dengan menuliskan Excel pada kolom search di tombol start.

cara membuat grafik di Excel

2.Kemudian akan terbuka lembar kerja Excel dengan berbentuk tabel.

begini cara membuat grafik di Excel

3. Selanjutnya siapkan data yang akan kamu jadikan sebuah grafik.

menyiapkan data yang akan di jadikan grafik

4. Setelah kamu menyiapkan data yang akan di jadikan grafik, selanjutnya blok semua data yang telah kamu buat lalu klik menu insert lalu pilih Charts. 

pilih menu insert untuk membuat grafik

5. Pada group insert charts kamu akan melihat tanda panah ke arah bawah, klik tanda panah tersebut maka semua jenis dan bentuk grafik akan d tampilkan pada jendela Insert Chart.

cara membuat grafik di Excel

6. Kemudian pilihlah bentuk grafik sesuai keinginan kamu. Disini saya memilih bentuk Pie grafik lalu klik OK.

pilihlah bentuk grafik sesuai keinginan kamu

7. Setelah kamu klik OK maka grafik dari data yang telah kamu buat akan di tampilkan pada lembar kerja. Kamu juga bisa merubah title chart pada grafik yang kamu buat sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Sebagai contoh di sini saya memberi nama grafik penjualan untuk grafik yang saya buat.

mengedit nama chart

8. Grafik kamu pun telah siap untuk di tampilkan.

tutorial cara membuat grafik di Excel

B. Mengedit Grafik yang Telah Dibuat

Setelah grafik kamu di tampilkan mungkin kamu merasa tidak puas dan ingin menambahkan sesuatu pada grafik.

1. Klik grafik yang telah kamu buat. Kemudian akan muncul ribbon chart tools. Ribbon ini akan muncul ketika kamu menyorot atau meng-klik grafik yang telah kamu buat yang mana ribbon ini di gunakan untuk proses editing. Ribbon chart tools berisi 3 tab yaitu design, layout dan format.

ribbon charts tools

2. Disini saya menambahkan labels  dari tab layout. Labels untuk menambahkan jumlah yang telah di buat agar di tampilkan di grafik sehingga orang yang melihat nantinya tidak bingung dengan pembagian tiap-tiap jumlah dari grafik yang telah di buat. Saya juga merubah warna background grafik agar terlihat lebih menarik. Kamu dapat merubah warna background, bentuk tulisan grafik melalui tab Format. Sedangkan tab design di gunakan untuk merubah bentuk grafik.

cara membuat grafik di Excel

Itulah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk cara membuat grafik di Excel dengan mudah. Semoga tutorial cara membuat grafik di Excel diatas bermanfaat dan dapat membantu banyak orang. Terimakasih:-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.