3 Cara Melihat Spesifikasi Laptop, Baik CPU, VGA, RAM dan Lain Sebagainya!

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan cara melihat spesifikasi laptop yang Anda gunakan. Sebelum itu, Anda sebaiknya memahami apa itu spesifikasi laptop terlebih dahulu.

Kenapa Anda perlu mengetahui spesifikasi laptop? Karena setiap laptop memiliki spesifikasi yang cenderung berbeda dengan kata lain kemampuan atau kinerjanya pun berbeda pula. Semakin tinggi spesifikasi laptop maka semakin tinggi kemampuannya, begitu pula sebaliknya. Mengingat kebutuhan kita akan laptop juga berbeda, maka kita harus sesuaikan kebutuhan kita dengan spesifikasi laptop yang diperlukan.

Umumnya, kita jarang mengetahui lebih dalam mengenai spesifikasi laptop yang kita gunakan. Memang hal ini tidak wajib dilakukan tetapi tidak ada salahnya jika dicoba karena akan membantu Anda menyesuaikan aktivitas Anda di layar monitor dengan spesifikasi laptop yang digunakan.

Bagaimana cara melihat spesifikasi laptop? Untuk informasi lebih lanjut, mari simak penjelasan dibawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop (CPU, VGA, RAM dll)

Melihat spesifikasi laptop tidaklah sulit. Anda dapat melakukannya melalui fitur bawaan Windows dan juga aplikasi third – party yang mudah ditemukan di internet. Berikut penjelasan cara melihat spesifikasi laptop dengan mudah.

A. Menggunakan DxDiag

1. Tekan tombol Win + R di keyboard Anda untuk menjalankan Run.

Run

2. Kemudian, klik tombol Yes.

DirectX Diagnostic Tool

3. Setelah itu, akan tampil jendela DirectX Diagnostic Tool. Secara default, tampilan yang akan muncul adalah bagian System seperti pada gambar dibawah ini. Tab System menampilkan versi DirectX yang sekarang, nama host komputer, sistem operasi, informasi sistem BIOS, dan yang lainnya.

cara melihat spesifikasi laptop dengan dxdiag

4. Klik tab Display maka akan tampil jendela seperti pada gambar dibawah ini. Tab ini menampilkan informasi tentang device dan driver yang berkaitan dengan display komputer Anda.

Anda bisa melihat Manufacturer dari VGA (Video Graphics Array), kapasitas resolusi maximal VGA, nama dan jenis VGA, model dan versi driver untuk VGA.  Tab ini juga dapat menonaktifkan DirectDraw Acceleration, Direct3D Acceleration, dan AGP Texture Acceleration.

Display

5. Klik tab Render maka akan tampil jendela seperti pada gambar dibawah ini. Tab ini menampilkan informasi mengenai NVIDIA GPU.

cara melihat spesifikasi laptop dengan dxdiag - render

6. Klik tab Sound maka akan tampil jendela seperti pada gambar dibawah ini. Tab ini menampilkan informasi tentang sound card beserta driver yang digunakan pada laptop Anda.

Sound

7. Klik tab Input maka akan tampil jendela seperti pada gambar dibawah ini. Tab ini menampilkan informasi tentang tentang semua media input yang terinstall pada laptop Anda yaitu USB Devices dan PS/2 Devices.

cara melihat spesifikasi laptop - Input

B. Menggunakan Speccy

1. Download aplikasi Speccy terlebih dahulu (disini).

2. Install aplikasi tersebut di laptop Anda.

3. Setelah itu, buka aplikasi Speccy di laptop Anda. Tampilannya saat Anda pertama kali menjalankannya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini. Ada beragam informasi spesifikasi laptop Anda yang dapat dilihat disini (tampilan ini adalah Summary).

Speccy Home

4. Untuk melihat sistem operasi yang digunakan, klik Operating System. Tampilannya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

cara melihat spesifikasi laptop dengan Speccy

5. Untuk melihat CPU yang digunakan, klik CPU. Tampilannya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

CPU

6. Untuk melihat RAM (Random Access Memory) yang digunakan, klik RAM. Tampilannya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

RAM

7. Untuk melihat grafis yang digunakan, klik Graphics. Tampilannya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Graphics

8. Untuk melihat detail dari kompenen lainnya, cukup klik komponen yang bersangkutan.

C. Menggunakan HWiNFO

1. Download aplikasi HWiNFO terlebih dahulu (disini).

2. Install aplikasi tersebut di laptop Anda.

3. Setelah itu, jalankan aplikasi HWiNFO di laptop Anda. Saat Anda menjalankannya, akan tampil jendela seperti pada gambar dibawah ini. Klik tombol Run jika Anda memilih keduanya (Sensors-only dan Summary-only) tetapi jika hanya salah satu, centang pilihan Anda.

Run

4. Tunggu hingga proses konfigurasi selesai.

Konfigurasi

5. Setelah proses selesai, akan tampil jendela seperti pada gambar dibawah ini. Terdapat 3 jendela yang tampil sekaligus yaitu CPU #0, System Summary, dan aplikasi HWiNFO.

cara melihat spesifikasi laptop dengan HWinfo

6. Pada jendela CPU #0, terdapat arti dari CPU clock yang dihasilkan.

  • Hijau – clock di bawah HFM (High Frequency / Marketed Clock)
  • Kuning – clock di atas HFM dan di bawah Turbo clock maksimum
  • Merah – clock di atas Turbo clock maksimum

CPU

7. Kemudian pada jendela System Summary, Anda dapat melihat ringkasan dari spesifikasi laptop Anda.

System Summary

8. Jika Anda menutup kedua jendela diatas, maka Anda dapat melihat informasi dari setiap komponen secara detail pada jendela aplikasi HWiNFO seperti pada gambar dibawah ini. Klik komponen yang ingin Anda lihat spesifikasinya.

aplikasi HWiNFO

Baiklah, sekian pembahasan kali ini tentang cara melihat spesifikasi laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.