2 Cara Kompres File PDF Tanpa Bantuan Aplikasi, Kualitas File Tetap OK!

Tutorial kali mengenai cara kompres file PDF tanpa perlu install aplikasi. Seperti yang kita tahu, banyak mahasiswa ataupun pelajar biasanya lebih memilih menggunakan PDF dibandingkan Doc.

Karena biasanya apabila menggunakan Doc atau ekstensi dari Ms.Word apabila kita menggunakan Ms.Word 2007 sedangkan pihak penerima atau pembaca menggunakan Ms.Word 2010. Maka isi dari dokumen kita akan berantakan.

Namun jika menggunakan PDF walaupun berbeda type Ms.Word tampilannya tidak berpengaruh dan tetap seperti kita buat di PC kita. Karena hal terebut lah banyak yang lebih suka menggunakan PDF.

2 Cara Kompres File PDF Tanpa Aplikasi

Tetapi kadangkala pada saat akan mengirimkan file PDF terjadi kegagalan, pemicu kegagalan ini biasanya ialah karena ukuran PDF yang terlalu besar . Ukuran PDF yang terlalu besar biasanya di karenakan isi dialamnya, bisa jadi karena halamannya yang banyak, gambar ataupun terdapat banyak grafik di pdf tersebut.

Nah mau tidak mau kamu harus mengkompress ukuran pdf tersebut agar ukuran lebih kecil dari sebelumnya. Banyak sekali compressor online yang dapat kamu akses pada saat sekarang ini.

Untuk itu disini saya akan membagikan langkah-langkah cara kompres file PDF secara online (tanpa bantuan aplikasi).

1. Menggunakan iLovePDF

iLovePDF merupakan tool online untuk kompres file PDF yang sangat mudah di gunakan dan free. Selain dapat kompres PDF iLovePDF juga dapat melakukan berbagai perubahan lain misalkan merubah word menjadi PDF dan lainya.

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk cara kompres file PDF menggunakan iLovePDF.

  1. Pertama tama kunjungi situs iLovePDF melalui browser di pc kamu.
  2. Setelah halaman iLovePDF terbuka, klik  Select PDF file untuk mengupload file PDF yang akan di kompres. Atau kamu juga bisa drag file tersebut pada area yang telah di sediakan.
    cara kompres file pdf
  3. Pilih file pdf yang akan di kompres. Lalu klik Open.
    pilih file yang akan di kompres
  4. Terdapat 3 level yang kompresi tersedia yaitu Extreme Compression (kualitas file PDF menurun, tapi hasil kompres paling maksimal), Recommended Compression (Antara kualitas dan hasil kompres seimbang) dan Less Compression (Kualitas file PDF tetap tinggi namun hasil kompres paling minimal). Saya menyarankan untuk menggunakan opsi defaultnya yakni Recommended Compression, kemudian klik  COMPRESS PDF.
    memilih compression level
  5. Tunggu proses compressing selesai. Lama tidaknya proses compressing ini bergantung pada ukuran file PDF kamu, semakin besar ukuran filenya, maka semakin lama pula prosesnya.
    cara kompres file pdf secara online
  6. Jika proses compressing selesai, file PDF yang sudah dikompres akan terdownload secara otomatis. Jika tidak terdownload otomatis, kamu bisa klik Download compressed PDF untuk mendownload ulang file PDF yang sudah dikompres. Kamu juga dapat melihat perbandingan besar ukuran file yang asli dan setelah di kompres.
    download file pdf

2. MenggunakanPDF2Go

Sama seperti iLovePDF, PDF2GO merupakan tool online untuk kompres file PDF yang sangat mudah di gunakan dan free. Selain dapat kompress PDf, PDF2GO juga dapat melakukan berbagai perubahan lain misalkan merubah word menjadi PDF dan lainya.

Bagaimana cara mengompres PDF menggunakan PDF2GO?

  1. Pertama tama kunjungi situs PDF2GO melalui browser di pc kamu.
  2. Setelah halaman PDF2Go terbuka, klik Choose File untuk mengupload file PDF yang akan di kompres. Atau kamu juga bisa drag file tersebut pada area yang telah di sediakan.
  3. Pilih file PDF yang akan di kompres. Lalu klik Open.
    cara kompres file PDF tanpa aplikasi
  4. Tunggu sampai file yang kamu pilih selesai di upload. Lama tidaknya proses  ini bergantung pada banyaknya file PDF kamu upload, semakin banyak  file yang kamu upload, maka semakin lama pula prosesnya.
    tunggu proses upload file
  5. Setelah file selesai di upload kamu dapat melihat besar ukuran file PDF kamu. Scroll ke bawah kemudian pilih dan klik Save Changes.
    tutorial cara kompres file pdf
  6. Tunggu proses converting selesai. Lama tidaknya proses converting ini bergantung pada ukuran file PDF kamu, semakin besar ukuran filenya, maka semakin lama pula prosesnya.
    kompres pdf 200kb
  7. Jika proses coverting selesai, file PDF yang sudah dikompres akan terdownload secara otomatis. Jika tidak terdownload otomatis, kamu bisa klik tombol Download untuk mendownload ulang file PDF yang sudah dikompres dan jika kamu mengupload file lebih dari satu,   klik Download ZIP file untuk dowload file secara keseluruhan. Ukuran file yang telah di kompress juga di tampilkan.
    cara kompres file PDF

Perbedaan antara iLovePDf dan PDF2GO ialah : pada iLovePDF kamu hanya dapat memilih satu file saja untuk sekali proses, sedangkan PDF2GO dapat memilih lebih dari 1 file untuk sekali proses sehingga lebih efisien jika kamu ingin mengkompress banyak file PDF.

Semoga tutorial cara kompres file PDF secara online ini bermanfaat dan dapat membantu banyak orang. Terimakasih:-)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.