Panduan Cara Install Windows 10 untuk Pemula, Lengkap Sampai Selesai!

Nah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara instal Windows 10 pada laptop Anda. Windows 10 merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Microsoft dan dirilis pada 29 Juli 2015. Secara umum, interface Windows 10 merupakan kombinasi dari Windows 7 dan Windows 8.

Saat ini, Windows 10 banyak digunakan oleh para pengguna Windows karena fitur dan interface-nya yang lebih menarik dari versi Windows sebelumnya. Hal itu wajar saja, karena Windows 10 adalah versi terbaru dari Windows.

Bagaimana cara menginstal Windows 10 di PC? Cara instal Windows 10 tidak jauh berbeda dengan cara menginstal Windows 8. Apakah proses instalasi ini sulit? Sebenarnya, tidak sulit tetapi Anda harus benar-benar paham bagaimana cara membuat partisi saat instalasi.

Untuk informasi lebih lanjut, mari simak penjelasan dibawah ini.

Cara Instal Windows 10

Disini, saya akan membagi penjelasan menjadi 2 bagian yaitu persiapan dan instalasi. Perhatikan penjelasan dibawah ini.

A. Persiapan Sebelum Instalasi

Sebelum, Anda memulai instalasi, Anda harus mempersiapkan:

  • Media bootable – disini, saya menggunakan flashdisk dengan storage minimal 4GB.
  • File ISO Windows 10.
  • Instal aplikasi untuk membuat bootable USB flash drive di PC Anda – disini, saya menggunakan Rufus.

Berikut dibawah ini langkah-langkah membuat bootable flashdisk Windows 10.

  1. Jalankan aplikasi Rufus dengan double click pada aplikasi tersebut seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini. Jalankan aplikasi Rufus
  2. Pada jendela Rufus, klik tombol Select untuk memasukkan file iso Windows 10 seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.cara instal windows 10 dengan usb
  3. Pilih dan klik file iso Windows 10 yang akan dimasukkan lalu klik tombol Open seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.Open
  4. Setelah itu, klik tombol Start untuk memulai proses bootable flash drive seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini. Start
  5. Klik OK untuk melanjutkan proses seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.OK
  6. Tunggu sampai proses membuat bootable di Rufus selesai.cara instal windows 10
  7. Jika proses sudah selesai, klik tombol Close untuk menutup jendela Rufus seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
  8. Flashdisk Anda nantinya akan berisi file-file seperti pada gambar dibawah ini.

B. Instalasi

Setelah persiapan selesai, sekarang kita masuk ke proses instalasi Windows 10. Berikut dibawah ini langkah-langkah instalasi Windows 10.

SETTING BIOS

1. Pertama, Anda harus setting Boot Priorities pada BIOS. Masuk ke BIOS komputer Anda dengan menekan tombol F1, F2, atau Fn + F2 (tergantung komputer yang digunakan).

2. Setelah masuk ke BIOS, pilih dan klik tab Boot lalu buatlah flashdisk Anda menjadi Boot Option #1 agar booting pertama kali dilakukan dari flashdisk dengan menggunakan tombol +/- sampai berada di urutan paling atas seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini.

cara menginstal windows 10

3. Untuk keluar dari BIOS sekaligus menyimpan perubahan setting, tekan tombol F10 pada keyboard.

INSTALL WINDOWS 10

  1. Pada Windows Setup, klik tombol Install now seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Install now
  2. Untuk Time and currency format, Anda bisa mengubahnya menjadi Indonesian (Indonesia) atau membiarkannya secara default. Sedangkan, untuk Language to install dan Keyboard or input method tidak perlu diganti. Klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Language to install dan Keyboard or input method
  3. Centang kotak I accept the license terms (ditandai oleh kotak hitam pada gambar) lalu klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
     I accept the license terms
  4. Pada Which type of installation do you want? Pilih dan klik opsi Custom: Install Windows only (advanced) seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini.
    Which type of installation do you want?
  5. Jika Anda hanya ingin melakukan install Windows 10 tanpa menghapus data penting Anda misalnya yang tersimpan di disk D. Anda hanya perlu menghapus Drive 0 Partition 1 : System Reserved, Drive 0 Partition 2 (partisi C:), dan partisi yang tidak penting lainnya seperti Drive 0 Partition 3 (jika ada). Biarkan saja Drive 0 Partition 4: Data karena drive tersebut berisi data penting Anda. Nantinya, drive yang sudah dihapus akan membuat Unallocated Space yang belum dipartisi.
  6. Misalnya, saya akan menghapus Drive 0 Partition 1 : System Reserved, pilih dan klik drive tersebut lalu klik Delete seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Drive 0 Partition 1 : System Reserved
  7. Jika terdapat warning seperti pada gambar dibawah ini, klik OK.
    Warning delete
  8. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, drive yang sudah dihapus akan membentuk  Unallocated Space seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini.
    unallocated space
  9. Lakukan langkah 6 dan 7 secara berulang sampai drive yang lainnya dihapus. Disini, saya juga menghapus semua drive termasuk Drive 0 Partition 4: Data.
  10. Setelah penghapusan drive selesai, hasil akhirnya terlihat seperti pada gambar dibawah ini dimana hanya tersisa Drive 0 Unallocated Space. Sekarang, saatnya membuat partisi baru dari ruang kosong tersebut. Pilih dan klik Drive 0 Unallocated Space lalu klik New seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    New disk
  11. Untuk Size, biarkan saja secara default (ditandai oleh kotak merah pada gambar). Klik tombol Apply untuk membuat partisi baru dengan size tersebut seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Size - apply
  12. Jika terdapat warning seperti pada gambar dibawah ini, klik OK.
    Windows setup
  13. Hasil partisi baru tersebut akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini. Pilih dan klik drive yang akan lokasi instalasi Windows 10. Disini, saya memilih Drive 0 Partition 4 sebagai lokasi instalasi. Lalu, klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    lokasi instalasi
  14. Tunggu hingga proses Installing Windows selesai.
    Installing Windows
  15. Kemudian, tunggu hingga proses Windows needs to restart to continue selesai juga.
    Windows needs to restart to continue
  16. Setelah itu, pada Let’s start with region. Is this right?, pilih dan klik negara Anda lalu klik tombol Yes seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Let's start with region. Is this right?
  17. Pada Is this the right keyboard layout?, pilih dan klik keyboard Anda lalu klik tombol Yes seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Is this the right keyboard layout?
  18. Pada Want to add a second keyboard layout?, klik tombol Skip seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    cara menginstall windows 10
  19. Pada Let’s connect you to a network, Anda dapat mengoneksikan laptop Anda ke internet. Tapi, jika Anda ingin melewati tahap ini, klik Skip for now seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Let's connect you to a network
  20. Pada Who’s going to use this PC?, masukkan username Anda pada kotak yang disediakan lalu klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Who's going to use this PC?
  21. Pada Create a super memorable password, masukkan password Anda pada kotak yang disediakan lalu klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Create a super memorable password
  22. Pada Confirm your password, masukkan ulang password Anda pada kotak yang disediakan lalu klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    Confirm your password
  23. Selanjutnya, pada Create security questions for this account, pilih pertanyaan keamanan pilihan Anda lalu masukkan jawabannya. Pada tahap ini, Anda akan diberi 3 pertanyaan keamanan secara berturut-turut. Klik tombol Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
     Create security questions for this account
  24. Pada Choose privacy settings for your device, klik tombol Accept seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.
    cara instalasi windows 10
  25. Tunggu proses loading hingga selesai.
    proses loading
  26. Setelah melewati beberapa tahap, Windows 10 berhasil diinstal pada laptop Anda dan tampilannya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.
    Windows 10

Sekian pembahasan kali ini tentang cara install Windows 10. Semoga tutorial diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.