5 Alasan Mengapa Menjadi Youtuber Lebih Menjanjikan

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukanseseorang untuk memperoleh uang dari internet, asal mereka mau sedikit lebih kreatif. Sebab, Google menyediakan beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkanuntuk hal tersebut dengan cuma-cuma. Anda hanya perlu menyiapkan modal berupagadget dan koneksi internet yang tentu hampir setiap orang memilikinya. Salah satu jalur yang dapat Anda lalui untuk menuangkan ide kreatif ke dalam konten adalah YouTube.

Tidak dipungkiri bahwa situs streaming tersebut saat ini telah menjadi lahan emas untuk mendapatkan penghasilan. Dulunya, orang membuat channel YouTube hanya untuk iseng dan membagikan hobi, tapi sekarang itu merupakan bagian dari profesi. Orang mulai berlomba-lomba membuat video se-kreatif mungkin demi views yang banyak. Karena semakin banyak jumlah views yang diperoleh, semakin banyak pula pundi-pundi dolar yang masuk ke rekening mereka.

Jadi bisa dikatakan profesi sebagai YouTuber sangat menjanjikan. Ada beberapa alasan yang membuktikannya, antara lain:

1. Tidak Perlu Menulis Artikel yang Panjang

Tidak Perlu Menulis Artikel yang Panjang

Seperti yang kita tahu, bisnis penulisan artikel kini semakin banyak diminati. Orang-orang mulai membuat website dan memosting berbagai macam artikel, mulai dari kuliner, wisata, kesehatan, teknologi hingga berita terbaru. Mereka mendapat penghasilan dari adsense. Tapi, bagi yang tidak suka menulis atau kurang bisa menuangkan ide-ide ke dalam tulisan, pekerjaan tersebut akan terasa sulit meski mereka bisa menghire penulis lepas.

Lain bila konten yang disajikan berupa video. Mereka dapat mengungkapkan apa yang sedang terpikirkan secara langsung, sehingga maksudnya dapat tersampaikan dengan baik. Sama seperti artikel, pendapatan YouTube juga bersumber dari adsense. Tapi, cara mendaftarnya lebih mudah dan tidak memerlukan kode iklan.

2. Menjangkau Pemirsa di Seluruh Dunia

Menjangkau Pemirsa di Seluruh Dunia

Video yang diunggah di YouTube berpotensi dilihat oleh pemirsa dari seluruh dunia. Namun, hal tersebut hanya bisa terjadi apabila Anda menggunakan judul berbahasa Inggris. Misal, “Dangerous Woman – Ariana Grande Cover by Claudia Citra” atau “Indonesian Noodles Mukbang! Indomie Mi Goreng”. Dengan begitu, views yang Anda peroleh bisa bertambah.

3. Bisa Mendapatkan Sponsor

Bisa Mendapatkan Sponsor

Channel YouTube yang videonya selalu ramai ditonton dan memiliki banyak subscriber biasanya dilirik oleh perusahaan atau brand-brand untuk diajak bekerja sama. Mereka akan diminta membuat konten untuk mempromosikan produk dari perusahaan tersebut. Misalnya, beauty vlogger yang me-review skin care dan make up dari merek tertentu atau yang sedang banyak diminati saat ini, yaitu berupa web series. Produk tidak secara langsung diiklankan, melainkan ditampilkan di video pada momen-momen tertentu.

Setelah mempromosikan produk, tentunya mereka dibayar oleh sponsor yang nominalnya mungkin bakal membuat Anda gigit jari.

4. Meningkatkan Popularitas

Meningkatkan Popularitas

Apabila channel YouTube Anda mengupload video-video yang kreatif, unik dan berkualitas, tentu akan diminati oleh para penonton. Mereka pun tidak ragu-ragu untuk mengklik tombol subscribe serta likes setiap Anda mengunggah video terbaru. Jika video tersebut trending, tentu channel Anda banyak dibicarakan. Itu bisa menjadi senjata untuk meningkatkan popularitas.

Bila Anda naik daun, bukan tidak mungkin mendapatkan kesempatan untuk terlibat dengan proyek-proyek tertentu. Misal, seperti yang terjadi pada Kevin Anggara, Bayu Skak, Clairine Clay dan YouTuber lainnya yang diajak main film layar lebar.

5. Lebih Mudah Mempromosikan Usaha

usaha

YouTube memudahkan Anda yang memiliki bisnis untuk memasarkan produk. Berbeda dengan memasang slot iklan di TV yang membutuhkan biaya hingga ratusan juta, promosi usaha di situs streaming tersebut lebih murah. Anda bisa membuat konten di channel pribadi maupun meminta endorse ke YouTuber lain yang memiliki subscribers dan viewers banyak. Dengan begitu, produk dan brand Anda akan dikenal di kalangan luas.

Peluang mendapatkan pundi-pundi dolar dari YouTube memang menjanjikan. Tapi, ingat bahwa itu tergantung pada konsep, penyajian dan kualitas video yang Anda unggah. Jika terlihat berbeda, pasti akan ada banyak orang yang menontonnya. Oleh karena itu, buat konten seunik dan semenarik mungkin.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.